Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Lansia

Setiap manusia yang memasuki usia lansia pada umumnya akan mengalami masalah yang sama yaitu mulai hilang atau berkurangnya nafsu makan dan beberapa kasus hanya menurunkan porsi yan di makan hal tersebut …

6  Hal yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil bekas

Untuk beberapa alasan, kadang membeli mobil bekas juga bisa dijadikan ide pilihan yang baik. Terlebih memang kebanyakan tidak semua orang mampu membeli mobil baru. Apalagi untuk orang – orang yang masih …

4 Efek Kesehatan Akibat Salah Pilih Botol Susu

Susu merupakan asupan nutrisi yang wajib diberikan pada bayi sejak ia lahir ke dunia, khususnya ASI. Namun, ada beberapa ibu yang mengeluhkan produksi ASI kurang optimal disebabkan banyak faktor seperti kesehatan, …

4 Efek Kesehatan Akibat Salah Pilih Botol Susu
0 Comments

Susu merupakan asupan nutrisi yang wajib diberikan pada bayi sejak ia lahir ke dunia, khususnya ASI. Namun, ada beberapa ibu yang mengeluhkan produksi ASI kurang optimal disebabkan banyak faktor seperti kesehatan, stress, kurang konsumsi makanan bernutrisi, dan lain-lain. Jika Anda memberikan tambahan nutrisi dari susu Lactogrow, maka tidak asing dengan penggunaan botol susu.

Jika Anda salah pilih botol susu

Selain memilih material botol susu yang berkualitas dan bebas BPA, sebaiknya Anda juga mengetahui cara membersihkan dan merawat botol susu. Jangan sampai dot menjadi sarang kuman dan bakteri yang bisa memicu masalah kesehatan pada si kecil. Kalau salah pilih botol susu berdasarkan harga yang murah saja, berikut beberapa efek negatif botol susu kurang berkualitas bagi kesehatan bayi yaitu :

1. Botol susu mengandung BPA

Pastikan Anda membeli botol susu bebas BPA atau bisphenol A yang bisa menyebabkan masalah kesehatan pada anak. Dampak penggunaan jangka panjang bisa menyebabkan anak alami kanker, diabetes, risiko sakit jantung, kesuburan yang terganggu, gangguan metabolisme, dan masih banyak dampak buruk lainnya.

2. Potensi menelan jutaan mikroplastik

Banyak orangtua yang menggunakan botol susu dari bahan plastik yang tersedia di pasaran. Sayangnya, ada potensi bayi mengkonsumsi jutaan mikroplastik yang berukuran kurang 5 mm yang terproses dari penguraian plastik. Tidak hanya pada botol susu saja, risiko mengkonsumsi mikroplastik juga ada pada set peralatan makan si kecil.

Tentu ada dampak negatif bila bayi terus menerus menggunakan botol susu dari plastik ini. Hal ini bisa menyebabkan masalah pertumbuhan dan perkembangan kesehatan jangka panjang. Untuk menghindari dampak negatif lebih serius, pastikan Anda tidak melakukan sterilisasi dengan merebus atau memanaskan botol susu plastik di microwave.

3. Salah bentuk dot botol susu

Di toko yang jual perlengkapan bayi, Anda bisa menemukan ragam penawaran dot atau botol susu untuk si kecil. Sebaiknya perhatikan memilih botol susu dengan bentuk yang direkomendasikan, ya! Bentuk dot yang memberikan peluang bayi menghirup lebih banyak udara saat mengkonsumsi susu bisa berdampak pada kesehatannya. Si kecil rentan mengalami kolik, perut kembung dan gelisah sepanjang hari akibat terlalu banyak udara yang masuk ke dalam perut.

4. Salah memilih botol tanpa pertimbangan usia

Di pasaran, Anda bisa mendapatkan referensi jenis dot yang cocok dibawa saat bepergian, dot yang mendukung pemberian susu lambat seperti ASI pada bayi baru lahir atau dot yang mendukung pertumbuhan anak setelah lepas dari ASI eksklusif. Sebaiknya ketahui jenis dot sesuai dengan pertimbangan usia dan fungsi yang Anda inginkan lebih dulu.

Pastikan Anda membeli botol susu di toko online terpercaya demi menjamin keamanan dan kesehatan si kecil. Jika si kecil sudah bisa beralih dari dot ke gelas, maka Anda bisa memberikan takaran susu Lactogrow 1-2 gelas setiap hari.