Tempat wisata di Penang
0 Comments

Salah satu wisata menarik di Malaysia selain Kuala Lumpur adalah Pulau Penang atau Pinang. Pulau yang satu ini merupakan salah satu negara bagian federasi Malaysia yang terletak di bagian barat semenanjung Malaysia dan beribukota di George Town.

Walau terpisah dari daratan utama Malaysia, pulau ini sebenarnya masih mudah dikunjungi. Jika Anda berada di Kuala Lumpur maka bisa menggunakan bus atau mobil untuk menyeberang Penang Bridge. Cara lain yang lebih mudah dan murah, sudah tentu untuk mencari tiket pesawat online untuk penerbangan langsung ke Penang.

Sesampainya di Penang, ada banyak sekali kegiatan santai yang bisa kamu lakukan. Berikut ini beberapa di antaranya

  1. Berjalan-jalan mengelilingi George Town

George Town merupakan ibukota Penang. Begitu menginjakkan kaki di kota ini, Anda akan merasa seolah berada di sebuah kota dari masa lampau. Ini adalah kota yang pas untuk memuaskan Anda penggemar sejarah atau fotografi yang ingin merasakan suasana melayu klasik.

Di sekeliling George Town banyak sekali bangunan tua berusia ratusan tahun yang masih kokoh berdiri dan dipakai sebagai sekolah, museum, bank dan hotel. Gaya arsitekturnya masih khas Melayu klasik, terdiri dari campuran India, China, hingga kolonial Inggris. Meski demikian, semua bangunan tampak tetap kokoh dan terawat.

  1. Trekking dan melihat kota dari atas Penang Hill

Bila ingin joging di tempat yang segar atau sekadar trekking di bukit, Anda bisa pergi ke Penang Hill atau dikenal juga dengan sebutan Bukit Bendera. Tempat ini punya ketinggian lebih dari 700 mdpl dan merupakan titik tertinggi di seluruh pulau.

Cara menjangkau puncaknya pun mudah. Anda cukup naik fenicular train yang ada di Railway Lower Station, Ayer Itam menuju Railway Upper Station. Kereta ini punya bentuk berbeda, karena merupakan rancangan khusus untuk transportasi di daerah perbukitan.

Bila sudah sampai di puncak Penang Hill, Anda bisa joging di sekeliling wilayah, trekking atau berjalan kaki ke The Monkey Cup, mengunjungi The Owl Museum, makan di restoran, foodcourt atau kafe, hingga mengunjungi masjid, kuil hindu, dan jembatan berisi gembok cinta. Anda juga bisa sekadar melihat sekeliling pulau dari menara pandang yang ada di stasiun kereta puncak bukit.

  1. Mampir ke Pantai Batu Ferringhi

Selain bukit, Anda juga bisa menikmati suasana pantai di Penang. Salah satu yang banyak dikunjungi adalah Pantai Batu Ferringhi yang lokasinya cukup jauh dari George Town. Anda bisa menjangkaunya menggunakan bus dari George Town dengan waktu tempuh kurang dari satu jam.

Seperti halnya di pantai lain, Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas di air. Mulai dari banana boatjet ski, hingga parasailing. Bila lapat, Anda juga bisa dengan mudah menemukan penjaja makanan di foodcourt sekitar pantai. Salah satu hal yang tak boleh dilewatkan adalah menginap di Pantai Batu Ferringhi untuk menikmati suasana senjanya.

  1. Wisata kuliner sekeliling Penang

Sudah tentu kegiatan yang paling pas untuk dilakukan di sini adalah melakukan jelajah kuliner. Apalagi Malaysia memang memiliki tradisi kuliner yang sangat beragam, mulai dari masakan Melayu, India, hingga China.

Anda bisa mencoba Laksa Penang yang merupakan masakan khas pulau ini. Laksa tersebut dilengkapi dengan irisan bawang bombay dan kuas asam manis pedas. Namun selain itu ada juga makanan lainseperti rojak, nasi ayam, ais kacang, teochew chendul (es cendol), char koay kak, ayam tandoori, nasi kandar, nasi ulam, mee sotong dan lain sebagainya.

  1. Kunjungi Taman Kupu-kupu

Di Penang, tidak jauh dari area Pantai Batu Ferringhi, ada sebuah taman kupu-kupu yang dikenal dengan nama Entopia. Taman tersebut memiliki koleksi sekitar 15.000 jenis kupu-kupu dan terbagi menjadi du area, yakni outdoor di The Natureland dan indoor di The Cocoon.

Menariknya lagi bukan Cuma kupu-kupu dan serangga yang ada di sini, namun juga ratusan spesies tanaman yang tertata dalam bentuk taman. Kamu bisa menemukan tanaman itu dalam tatanan berkonsep goa, air terjun, dan hutan pandora.

shares