Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Lansia

Setiap manusia yang memasuki usia lansia pada umumnya akan mengalami masalah yang sama yaitu mulai hilang atau berkurangnya nafsu makan dan beberapa kasus hanya menurunkan porsi yan di makan hal tersebut …

6  Hal yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil bekas

Untuk beberapa alasan, kadang membeli mobil bekas juga bisa dijadikan ide pilihan yang baik. Terlebih memang kebanyakan tidak semua orang mampu membeli mobil baru. Apalagi untuk orang – orang yang masih …

4 Efek Kesehatan Akibat Salah Pilih Botol Susu

Susu merupakan asupan nutrisi yang wajib diberikan pada bayi sejak ia lahir ke dunia, khususnya ASI. Namun, ada beberapa ibu yang mengeluhkan produksi ASI kurang optimal disebabkan banyak faktor seperti kesehatan, …

6 Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup dari Rumah Sendiri
0 Comments

Menjaga lingkungan hidup bisa dimulai dari diri sendiri. Anda bisa memulainya dari lingkungan terdekat yaitu rumah Anda sendiri. Tentu ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan hidup di bumi ini. Berikut adalah 6 cara mudah yang dapat Anda lakukan dari rumah demi kelestarian lingkungan hidup:

1.  Pilah Sampah dengan Baik

Aksi pertama yang dapat dilakukan dari rumah demi menjaga kelestarian lingkungan hidup adalah memilah sampah. Setiap harinya pasti akan selalu dihasilkan sampah rumah tangga, cobalah untuk memilah sampah sebelum dibuang. Pisahkan sampah anorganik dan organik. Pisahkan juga sampah berdasarkan materialnya, seperti sampah kaca, plastik, kertas, metal, dan lain sebagainya.

2.  Olah Sampah Organik Jadi Kompos

Demi menjaga lingkungan, cobalah untuk belajar cara mengolah sampah organik menjadi kompos. Sampah organik merupakan salah satu jenis limbah yang akan terus-menerus dihasilkan oleh manusia. Salah satu sumber terbesarnya adalah sisa makanan. Agar bisa kembali ke alam dengan sempurna, olah sampah organik ini menjadi kompos dan gunakan sebagai pupuk tanaman.

3.  Mulai Hemat Listrik dan Air

Pastikan untuk memakai listrik dan air secara hemat sesuai kebutuhan. Gunakan listrik seperlunya saja dan pilih produk elektronik yang berdaya rendah serta lebih ramah lingkungan. Selain itu pemakaian air bersih juga harus bijaksana. Hindari membuang-buang air bersih untuk hal-hal yang tidak perlu. Kebiasaan ini sebaiknya diberlakukan bagi seluruh anggota keluarga di rumah.

4.  Hindari Pemakaian Plastik

Sampah plastik menjadi salah satu jenis limbah rumah tangga yang jumlahnya terus meningkat setiap hari. Mulailah untuk tidak menggunakan plastik atau mengurangi pemakaiannya. Gunakan tas belanja untuk berbelanja keperluan sehari-hari. Gunakan botol minum cuci ulang dan kotak bekal untuk membeli makanan dari luar. Selain plastik, kurangi juga pemakain tisu dan lebih baik diganti dengan kain lap cuci ulang.

5.  Kurangi Pemakaian Kendaraan Pribadi

Jika ingin menunjukkan rasa cinta kepada lingkungan maka cobalah untuk mengurangi pemakaian kendaraan pribadi. Lebih disarankan untuk memakai kendaraan umum atau bepergian dengan berjalan kaki dan bersepeda. Ini akan membantu mengurangi polusi udara dan menjaga kondisi lingkungan hidup di sekitar kita.

6.  Mulai Bertanam

Anda juga bisa menjaga kelestarian lingkungan dengan mulai bertanam di rumah. Cobalah untuk menanam pohon atau tanaman hias dalam pot. Selain bisa memperindah tampilan dan suasana rumah, tanaman serta pohon juga bisa menambah produksi oksigen bagi lingkungan hidup manusia. Pilih jenis tanaman yang mudah untuk dirawat jika Anda masih pemula.

Itulah tadi 6 upaya pelestarian lingkungan hidup yang dapat dilakukan dari rumah sendiri. Mulai saja dari diri sendiri kemudian ajak anggota keluarga yang lain untuk ikut melakukan aksi baik mencintai lingkungan. Mari bersama-sama kita ciptakan lingkungan hidup yang nyaman dan sehat. Langkah sekecil apapun dalam menjaga lingkungan akan berarti besar.