Langkah-langkah Belajar Bahasa Korea untuk Pemula

Bahasa Korea merupakan salah satu bahasa yang menarik sekaligus menantang untuk dipelajari. Hal ini karena bahasa Korea memiliki aksara sendiri, tidak memakai huruf latin seperti yang digunakan bahasa asing lain seperti …

Empat Jenis Ujian TOEFL yang Wajib Kamu Ketahui

Sudah tahu belum kalau ujian bahasa Inggris TOEFL memiliki empat jenis ujian yang masing-masingnya memiliki perbedaan tertentu? Kamu mungkin pernah mendengar TOEFL test online, dan ada juga yang menggunakan kertas seperti …

Solusi Melunasi Pinjaman untuk Modal Usaha Awal

Pinjaman untuk modal usaha awal sudah cair dan dimanfaatkan, tinggal melaksanakan kewajiban untuk membayarnya. Berikut solusi melunasi pinjaman supaya tidak terjadi gagal bayar yang berpotensi memasukkan nama kita ke daftar hitam …

Tips Mencegah dan Mengatasi Mabuk Perjalanan
0 Comments

Penyebab mabuk perjalanan yaitu motion sickness atau gangguan pada sistem keseimbangan. Gejala yang timbul berupa sakit kepala, mual pada saat pergi menggunakan kendaraan mobil, kereta, kapal hingga pesawat. Kondisi ini dapat terjadi karena pusat sensorik mengirimkan berbagai pesan yang dirasakan ke otak sehingga mengakibatkan gejala-gejala tersebut. Kenali pencegahan dan cara mengatasi untuk menghindari gejala tersebut.

1.      Makanan Sehat

Makanan sehat untuk perjalanan seperti mengandung air, mineral, berserat dan tergolong makanan ringan. Jangan konsumsi makanan dengan kandungan minyak, berasam hingga makanan yang sulit dicerna seperti daging olahan. Sulitnya pencernaan, akan membuat perut penuh dan timbul goncangan saat di perjalanan. Hindari juga kekenyangan dan kelaparan sebelum bepergian.

2.      Posisi Duduk

Jika masih ada ruang kosong, lebih baik pilih posisi depan atau posisi yang bisa melihat jalanan. Kursi di bagian depan lebih tahan terhadap guncangan. Akses pemandangan di luar kendaraan juga dapat mengalihkan mual yang dirasakan. Dapat juga dengan cara memalingkan kepala dengan gradient 30⁰. Jangan melihat arah belakang, jika bisa menyetir lebih baik menyetir sendiri agar lebih fokus pada jalanan.

3.      Jangan Fokus pada Hal Kecil

Hal kecil yang dimaksud seperti membaca buku atau melihat hp terus menerus. Fokus pada hal kecil di dalam mobil membuat keseimbangan tubuh terganggu. Ketika mata terfokus pada hal kecil, sedangkan tubuh tidak bisa menahan guncangan yang terjadi. Maka keseimbangan tubuh terganggu yang menjadikan timbulnya rasa pusing yang mengakibatkan mual dan muntah.

4.      Minum Obat Anti Mabuk

Tersedia obat anti mabuk perjalanan yang bisa dikonsumsi sebelum menaiki kendaraan. Alternatif lain mengonsumsi minuman bersoda yang dapat membantu angin keluar. sehingga perut tidak kembung. Namun keduanya jangan dikonsumsi bersamaan karena reaksinya dapat membahayakan tubuh. Efek samping dari obat anti mabuk biasanya akan membuat peminumnya rileks hingga mengantuk.

5.      Minum Air Putih

Jika sudah mulai merasa mual, bisa dicegah dengan meminum air putih segar. Air akan menggelontorkan makanan di lambung dan menahannya untuk tidak keluar. Jangan minum terlalu banyak karena juga akan menyebabkan muntah air. Minum secukupnya, kira-kira cukup untuk menahan mual.

6.      Gunakan Mint

Mint dapat dirancang seperti minyak angin yang dapat diendus dan dioleskan ke tubuh. Bau mint dijadikan sebagai aromaterapi bagi tubuh. Beberapa orang merasa mual saat mencium bau solar atau bahan bakar dari mobil. Cara ini, lebih efektif untuk menyingkirkan bau yang membuatnya mual. Aromanya yang ringan dan menempel di saluran pernapasan menjadikan tubuh lebih rileks.

7.      Makan Cemilan

Setelah perut mengeluarkan seluruh isinya, harus diisi kembali dengan air mineral untuk menetralkan saluran pencernaan. Setelah itu, isi perut dengan makanan ringan seperti cemilan untuk mengganjal perut kosong. Cemilan dapat dipilih seperti aneka buah-buahan ataupun keripik dengan rasa gurih.

8.      Konsumsi Permen Selama Perjalanan

Permen mengandung gula dan membuat lambung tetap bekerja selama perjalanan. Permen membantu menekan produksi asam lambung yang mengakibatkan rasa mual. Pilih permen dengan rasa-rasa manis dan sedikit asam seperti jeruk, stroberi, lemon, atau mint. Selingi dengan air putih untuk menghindari dehidrasi yang dapat memicu rasa mual.

Lebih baik lakukan pencegahan dengan pola hidup sehat dan makan yang teratur. Cari tahu info penyakit dan kesehatan lebih lengkap di SehatQ untuk mengetahui bahaya yang ditimbulkan. Jangan sampai salah penanganan saat menghadapi masalah pada kesehatan. Agar tidak berakibat fatal beresiko tinggi bagi kondisi tubuh.