6 Makanan Penambah Imun Tubuh dari Buah dan Sayuran

Imun yang kuat diperlukan sekali selama masa pandemi agar tidak mudah terserang virus, apa lagi untuk lansia yang sangat rentan. Usaha untuk menjaga imun tubuh dengan mengonsumsi makanan penambah imun tubuh …

Manfaat Menggunakan Jasa Desain Rumah

Bagi kamu yang memiliki rencana membangun sebuah hunian, menciptakan rancangan rumah yang bagus dan rapi bukan hal yang mudah. Sebab, membutuhkan yang namanya rencana yang terstruktur dan matang dari jasa desain …

Cara Membesarkan Mr P Dengan Metode Medis

Berdasarkan survei yang dilansir laman Manlywellness, sebanyak 45% pria percaya bahwa mereka memiliki penis yang kecil. Ukuran penis memainkan peran penting dalam kehidupan seks dan kepercayaan diri seorang pria. Inilah sebabnya …

Ciri Khas Masakan Orang Jawa yang Unik
0 Comments

Indonesia sendiri memiliki banyak pembagian pulau dari kalimantan, sumatera, riau, bali sampai dengan nusa tenggara. Dari sisi budaya jelas berbeda, kemudian adat dan yang lainya bahkan uniknya juga dari sisi cita rasa masakan juga berbeda ada ciri khas sendiri memang.

Jadi, jangan heran meskipun anda berada di Luar negeri kemudian mampir makan di sebuah restoran maka anda bisa menebak dengan cepat, ow ini yang masak orang jawa nih, ow ini yang masak orang manado, ow ini mah ciri khas masakan orang nusa tenggara pedas banget dan lain sebagainya.

Unik bukan ? ya, jelas unik karena keunikan inilah memang kita menjadi terkenal termasuk dalam bidang kuliner dan olahan masakan.

Sebenarnya yang menjadi pembedanya adalah bukan dari cara pengolahan makanan atau masakan namun lebih ke penggunaan penyedap makanan, idelanya orang jawa kebanyakan dari sisi masakan ciri khasnya manis, kemudian orang bali, nusa tenggara sedikit pedas, kemudian orang padang sedikit berminyak dan seterusnya.

Nah di daerah jawa sendiri, baik dari Jatim, Jateng sampai dengan Jawa Barat masakanya juga berbeda loh, ada ciri cirinya sendiri. Ini dia kami bahas lebih jauh sebagai bahan penambah refrensi sahabat di rumah.

Ciri Khas Masakan Jawa Timur-an

Sederhana dalam menemukan ciri khas masakan ala Jawa timur ini jika kita cek beberapa makanan yang khas disana seperti rujak cingur, kemudian lodho ayam sampai dengan kupang lontong maka bisa kita simpulkan dari sisi rasa Jawa Timur lebih ke rasa perpaduan asin dan pedas.

Ciri Khas Masakan Jawa Tengah

Kemudian kalau di Jawa Tengah kita bisa cek dibeberapa daerah seperti semarang, jogja dan sekitarnya dari jenis masakan yang terkenal misalkan saja gudek, dari sisi cita rasa lebih mengedepankan perpaduan rasa manisnya dan sedikit campuran pedas.

Ciri Khas Masakan Jawa Barat

Masakan jawa barat sudah sangat terwakili dengan cita rasa masakan khas sunda. Dari sisi ciri khas sendiri orang sunda dalam mengolah masakan sangat sering bahkan wajib menggunakan tambahan yakni lalapan.

Lalapan segar ini bisa berupa menitimun, terong, kemudian daun kemangi. Sedangkan dari sisi penggunaan bumbu sangat sering menggunakan rempah rempah khas nusantara seperti lengkuas, daun salam dan lain sebagainya.

Ciri Khas Masakan Jakarta

Masakan jakarta sama saja dengan ciri khas masakan Betawi memang. Dimana dari sisi rasa kebanyakan gurih dan ada pedasnya. Masakan khas betawi jarang yang manis seperti pada daerah jawa tengah.

Kemudian dari sisi pengolahan bumbu juga masih kental dengan bumbu atau rempah rempah khas Indonesia seperi jahe, kemudian lengkuas dan lain sebagainya. Manifestasi ciri khas masakan Jakarta ini bisa kita cek pada makanan asinan, kemudian ketoprak sampai dengan soto khas betawi.