Langkah-langkah Belajar Bahasa Korea untuk Pemula

Bahasa Korea merupakan salah satu bahasa yang menarik sekaligus menantang untuk dipelajari. Hal ini karena bahasa Korea memiliki aksara sendiri, tidak memakai huruf latin seperti yang digunakan bahasa asing lain seperti …

Empat Jenis Ujian TOEFL yang Wajib Kamu Ketahui

Sudah tahu belum kalau ujian bahasa Inggris TOEFL memiliki empat jenis ujian yang masing-masingnya memiliki perbedaan tertentu? Kamu mungkin pernah mendengar TOEFL test online, dan ada juga yang menggunakan kertas seperti …

Solusi Melunasi Pinjaman untuk Modal Usaha Awal

Pinjaman untuk modal usaha awal sudah cair dan dimanfaatkan, tinggal melaksanakan kewajiban untuk membayarnya. Berikut solusi melunasi pinjaman supaya tidak terjadi gagal bayar yang berpotensi memasukkan nama kita ke daftar hitam …

Empat Jenis Ujian TOEFL yang Wajib Kamu Ketahui
0 Comments

Sudah tahu belum kalau ujian bahasa Inggris TOEFL memiliki empat jenis ujian yang masing-masingnya memiliki perbedaan tertentu? Kamu mungkin pernah mendengar TOEFL test online, dan ada juga yang menggunakan kertas seperti ujian biasa.

Dalam artikel ini akan dibahasa keempat jenis TOEFL sehingga kamu bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan pengerjaannya. Baca sampai habis, ya!

1. PBT (Paper-Based Test)

Jenis ujian dengan menggunakan kertas ini adalah ujian TOEFL yang paling umum dilakukan di banyak lembaga. Ujian ini berlangsung sekitar 3 jam terdiri atas listening, structure & written expression, reading comprehension, dan writing.

2. iBT (Internet-Based Test)

TOEFL test online ini diperkenalkan pada tahun 2005 untuk menggantikan computer-based TOEFL. Sesi yang diujikan secara garis besar sama dengan paper-based, hanya saja tidak ada sesi structure. Susunan durasi maupun pertanyaannya pun cenderung memiliki perbedaan.

3. CBT (Computer-Based Test)

Versi ujian TOEFL ini sudah semakin jarang terdengar sejak diperkenalkannya ujian iBT. Ujian TOEFL dengan format computer-based pertama dimulai pada tahun 1998 sebagai alternatif PBT. Durasi ujian dengan format ini adalah sekitar 4 jam termasuk petunjuk ujian.

4. ITP (Institutional Testing Program)

TOEFL jenis ini biasanya diadakan oleh perguruan tinggi atau lembaga bahasa Inggris tertentu. Meski demikian, hasilnya tidak berlaku secara internasional seperti tiga jenis ujian TOEFL sebelumnya. Selain itu, penggunaannya di dalam negeri pun terbatas.

Sebelum kamu mengambil ujian TOEFL, ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu mana yang cocok untuk kebutuhanmu. Jika hanya untuk keperluan dalam kampus, TOEFL ITP akan dapat berlaku dan diterima dengan baik.

Namun jika kamu butuh sertifikasi TOEFL untuk pendidikan atau bekerja ke luar negeri, kamu harus mengambil PBT atau iBT. Tentunya juga format ujian yang sekiranya paling nyaman buatmu.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti program khusus persiapan TOEFL di lembaga kursus bahasa asing. Dengan program tersebut, kamu akan dipersiapkan untuk mendapatkan skor tertentu sesuai dengan target kebutuhanmu. Semoga membantu ya!