Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Saat Tanya Dokter Online

Di era sekarang, banyak sekali platform yang menyediakan tanya dokter online agar memudahkan kalian yang ingin berkonsultasi seputar kesehatan. Dengan platform tersebut, kegiatan konsultasi menjadi lebih praktis, anti ribet dan tentunya …

Tips Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal Tanpa Menggunakan Obat

Masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan sebuah masalah yang banyak dialami. Banyak orang yang mengandalkan obat-obatan untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh. Masalah darah tinggi yang kamu alami ini sangat penting …

Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris, Dijamin Ampuh!

Belajar tidak pernah memandang usia, siapa pun bisa belajar dan mulai dari mana saja. Bagi kamu yang masih kesulitan belajar bahasa Inggris, tenang! Ada sejumlah tips cepat belajar bahasa Inggris yang …

Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Saat Tanya Dokter Online
0 Comments

Di era sekarang, banyak sekali platform yang menyediakan tanya dokter online agar memudahkan kalian yang ingin berkonsultasi seputar kesehatan. Dengan platform tersebut, kegiatan konsultasi menjadi lebih praktis, anti ribet dan tentunya konsultasi dokter online jadi lebih mudah.

Semua aktivitas tersebut dapat dilakukan di rumah tanpa perlu pergi ke tempat praktek dokter tersebut. Yang paling menarik, kalian juga bisa berkonsultasi dengan dokter dalam atau luar negeri, rumah sakit tertentu hingga klinik.

Tips Melakukan Tanya Dokter Online Terpercaya 

Bagi yang ingin melakukan telemedicine dengan dokter ahli melalui aplikasi ataupun website yang sudah ada, silahkan ikuti tips konsultasi dokter online berikut :

  • Usahakan koneksi internet yang digunakan stabil

Sebelum melakukan konsultasi dokter online, pastikan internet yang kamu gunakan stabil dan tidak terganggu sama sekali. Tujuannya supaya dokter yang sedang menjelaskan pernyataan kalian bisa melihat dan juga mendengar segala perkataan kalian dengan baik dan jelas.

Jika masalah keterbatasan teknologi ini kamu alami biasanya akan membuat konsultasi online menjadi sedikit terganggu dan tentunya tidak akan efektif. Pasalnya dokter biasanya tidak akan melakukan  tindakan konsultasi yang lebih jauh.

Prioritas utama ketika melakukan konsultasi adalah dengan memberi perawatan yang berkualitas kepada setiap pengguna yang ada. Jika dokter tidak bisa melakukan hal penting tersebut, biasanya mereka mengarahkan ke link alternatif.

  • Siapkan jawaban terkait riwayat medis dengan baik

Selama melakukan konsultasi dokter online, biasanya dokter akan mengajukan pertanyaan dasar untuk memulai pemeriksaan diri kalian masing-masing. Akan sangat membantu jika sebelumnya sudah menyiapkan ringkasan medis agar dapat mengantisipasi pertanyaan yang akan dilontarkan dokter.

Persiapan matang saat berkonsultasi akan membantu dokter menganalisis kondisi kalian dan membantu dokter untuk menyesuaikan setiap pertanyaan dan konsultasi yang sedang dilakukan.

Proses tersebut juga sangat bermanfaat untuk yang sedang berkonsultasi tatap muka. Namun di era sekarang banyak orang yang tidak punya waktu luang untuk menyiapkan semua jawaban atas riwayat medis yang mereka alami masing-masing.

Adapun hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelumnya sebagai berikut :

  • Onset, lokasi, durasi penyakit dan juga mengenai masalah medis.
  • Pengobatan apa saja yang sudah dicoba dan apakah pengobatan tersebut membuahkan hasil sesuai harapan.
  • Daftar tes laboratorium atau bisa juga diagnostik yang sudah dilakukan hingga sekarang.
  • Riwayat medis yang sudah terjadi di masa lalu serta riwayat bedah.
  • Daftar mengenai obat yang tengah digunakan serta alergi yang membuat rentan pengobatan.

Ingat, setiap dokter biasanya punya pertanyaan soal rekam medis yang sangat berbeda. Jadi, pastikan harus menyesuaikan dengan yang ditanyakan dokter terlebih dahulu.

Konsultasi dokter online atau tanya jawab dokter secara online punya banyak keunggulan. Prinsip asuransi yang jelas juga bisa didapat sehingga membuat konsultasi jadi aman dan terpercaya.