6 Makanan Penambah Imun Tubuh dari Buah dan Sayuran

Imun yang kuat diperlukan sekali selama masa pandemi agar tidak mudah terserang virus, apa lagi untuk lansia yang sangat rentan. Usaha untuk menjaga imun tubuh dengan mengonsumsi makanan penambah imun tubuh …

Manfaat Menggunakan Jasa Desain Rumah

Bagi kamu yang memiliki rencana membangun sebuah hunian, menciptakan rancangan rumah yang bagus dan rapi bukan hal yang mudah. Sebab, membutuhkan yang namanya rencana yang terstruktur dan matang dari jasa desain …

Cara Membesarkan Mr P Dengan Metode Medis

Berdasarkan survei yang dilansir laman Manlywellness, sebanyak 45% pria percaya bahwa mereka memiliki penis yang kecil. Ukuran penis memainkan peran penting dalam kehidupan seks dan kepercayaan diri seorang pria. Inilah sebabnya …

Inilah Berbagai Manfaat Minum Kopi Hitam Untuk Kesehatan
0 Comments

Kopi hitam seringkali menjadi minuman wajib di pagi hari. Minuman ini dikenal memiliki berbagai khasiat bagi tubuh. Sayangnya, tidak banyak yang tahu betul manfaat minum kopi hitam bagi kesehatan karena banyak sekali mitos-mitos seputar kopi yang beredar di masyarakat. Lalu, apa saja manfaat kopi yang telah dibuktikan secara ilmiah?

Manfaat Mengonsumsi Kopi Secara Rutin

Minum kopi hitam sangat identik dengan sarapan. Kopi hitam yang memiliki cita rasa yang cenderung pahit ini tampaknya cocok dipadukan dengan sarapan ringan nan bergizi. Agar tidak mudah lupa, berikut beberapa manfaat kopi hitam bagi kesehatan agar Anda selalu meminumnya secara rutin.

  1.   Meningkatkan daya ingat

Selama ini, kandungan kafein pada kopi dikenal mampu membuat tubuh tetap berenergi dan tidak mudah mengantuk. Akan tetapi, sebenarnya ada manfaat lain dari kafein yang tidak banyak diketahui yaitu meningkatkan kemampuan mengingat jangka panjang seseorang.

  1.   Membuat pikiran lebih tenang

Kopi diketahui bisa menjadi obat ampuh untuk menenangkan pikiran. Hal ini dikarenakan kopi memiliki kandungan antidepresan yang bisa membantu mencegah depresi. Oleh sebab itu, minum kopi bisa menjadi alternatif sederhana untuk menjernihkan pikiran saat Anda sedang gelisah.

  1.   Mencegah berbagai penyakit

Rutin mengonsumsi kopi diketahui bisa menurunkan risiko berbagai penyakit saraf yang berbahaya seperti demensia, Alzheimer serta Parkinson. Hal ini dikarenakan kandungan kafein pada kopi terbukti mampu memperlambat penurunan fungsi saraf-saraf otak akibat proses penuaan.

Selain penyakit neurodegeneratif, kopi juga diketahui bisa mengurangi risiko terkena penyakit diabetes mellitus (DM) tipe 2 dan juga penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kandungan kafein pada kopi diketahui mampu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Selain itu, kandungan asam klorogenat pada kopi bisa menurunkan risiko serangan jantung.

  1.   Meningkatkan selera makan

Kopi hitam bisa menjadi teman yang pas saat sarapan. Cita rasanya yang nikmat dan agak pahit sangat cocok dipadukan dengan berbagai makanan seperti roti dan buah-buahan. Akan tetapi, jika Anda terbiasa sarapan dengan makanan berat seperti nasi sebaiknya tidak dianjurkan untuk minum kopi saat sarapan.

Cara Terbaik Menikmati Kopi Hitam

Meskipun setiap orang memiliki kebiasaan minum kopi yang berbeda-beda tapi sebenarnya ada trik sendiri untuk membuat kopi semakin nikmat khususnya di pagi hari. Agar hasilnya lebih enak, Anda sebaiknya menggunakan kopi berkualitas dengan takaran yang pas. Meskipun harganya kadang lebih mahal dibandingkan kopi instan biasa tapi rasanya akan lebih enak.

Terdapat berbagai merek kopi di pasaran, salah satunya adalah Nescafe Dolce Gusto yang merupakan salah satu produk unggulan Nescafe. Wadahnya yang berupa kapsul kecil diklaim mampu menghasilkan kopi nikmat dengan takaran yang pas. Anda hanya perlu memasukkannya ke dalam mesin pembuat kopi elektrik dan tunggu hingga kopi Anda siap.

Sayangnya, meskipun minum kopi memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan tapi sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Untuk mendapatkan manfaat minum kopi hitam, Anda cukup minum 2 cangkir saja tiap hari. Hal ini dikarenakan jika diminum berlebihan kopi bisa menyebabkan gangguan tidur serta nyeri perut akibat asam lambung.