Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Saat Tanya Dokter Online

Di era sekarang, banyak sekali platform yang menyediakan tanya dokter online agar memudahkan kalian yang ingin berkonsultasi seputar kesehatan. Dengan platform tersebut, kegiatan konsultasi menjadi lebih praktis, anti ribet dan tentunya …

Tips Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal Tanpa Menggunakan Obat

Masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan sebuah masalah yang banyak dialami. Banyak orang yang mengandalkan obat-obatan untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh. Masalah darah tinggi yang kamu alami ini sangat penting …

Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris, Dijamin Ampuh!

Belajar tidak pernah memandang usia, siapa pun bisa belajar dan mulai dari mana saja. Bagi kamu yang masih kesulitan belajar bahasa Inggris, tenang! Ada sejumlah tips cepat belajar bahasa Inggris yang …

Macam-Macam Binding Model Penjilidan Buku dan Dokumen
0 Comments

Di dalam dunia printing, baik digital printing bahkan offset printing pasti akan menemukan yang namanya proses binding.

Binding merupakan sebuah proses akhir yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau jasa percetakan dalam mencetak atau menjilid sebuah buku atau dokumen menjadi lebih rapi dan menarik.

Maka dari itu binding ini tidak bisa lepas memang dalam semua tetek bengek dalam ha percetakan. Kami akan berbagi kepada anda beberapa jenis atau cara menjilid buku yang populer sempai saat ini antara lain:

Jilid Kawat

Yang pertama adalah jilid kawat atau yang sering disebut dengan (Saddle Stitching)bahkan ada juga yang menyebutnya sebagai jilid steples.

Jilid kawat ini sangat umum sekali kita temukan dalam sebuah bentuk album, atau buku harian yang dimana dipesan oleh orang di jasa percetakan. Jenis dan model jilid kawat sendiri khusus dan tepat digunakan dalam menjilid dokumen, atau buku dengan ketebalan sedang maksimal sampai dengan 70 halaman.

Jilid Spiral

Kemudian yang kedua ada namanya jilid spiral atau yang bisa disebut dengan (Comb Binding). Proses jilid menggunakan teknik ini dari sisi ketebalan dokumen hampir sama dengan yang pertama namun bedanya adalah pada bagian bekas jilid akan dibungkus dengan plastik.

Dari sisi tampilan akan lebih menarik memang dari yang pertama.

Jilid Benang

Dan yang ketika ada jilid benang atau yang dikenal dengan istilah  (Sewn Binding). Teknik jilid seperti ini memang terkesan jadul, namun sampai sekarang masih digunakan dalam menyatukan dokumen yang banyak dan lebih kuat tentu saja.

Jilid Lem Panas

Dan yang terakhir adalah model jilid lem panas atau disebut dengan (Perfect Binding). Teknik ini sangat populer sekali dimana digunakan dalam proses pembuatan dokumen yang sangat tebal seperti skripsi misalkan, kemudian buku dan lain sebagainya.

Biasanya teknik dalam jilid lem panas juga akan dikolaborasikan dengan beberapa model jilid seperti kawat, kemudian benang jadi memang dari sisi kekuatan sangat sangat kuat dan tahan lama.

Itulah beberapa cara binding dokumen dalam dunia percetakan yang bisa kalian pelajari semoga bermanfaat dan membuat usaha percetakan kalian semakin berkembang.