Makanan Pelancar ASI
0 Comments

 

Selama masa kehamilan, Anda juga akan mengalami beberapa perubahan pada bentuk tubuh Anda termasuk bagian payudara. Semua hal tersebut disebabkan karena kelenjar hormon ibu hamil bekerja keras untuk dapat menghasilkan ASI. Hal ini tentunya harus diimbangi dengan rutin mengonsumsi makanan pelancar ASI. Berikut beberapa alasan yang perlu dikonsumsi.

Biji Fenugreek

Biji fenugreek merupakan salah satu jenis makanan yang sering dikonsumsi agar ASI cepat keluar sebelum melahirkan. Jenis makanan yang satu ini bisa Anda konsumsi ketika kehamilan sudah menginjak usia 7 sampai 9 bulan. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk bubuk yang sudah dihaluskan. Caranya hanya tinggal dicampurkan dengan susu ataupun nasi hangat.

Bawang Putih

Bawang putih memang merupakan salah satu makanan yang sangat disarankan untuk ibu hamil. Sebab bawang putih sangat efektif untuk membuat produksi ASI menjadi lebih banyak. Bagi ibu hamil, sebaiknya mengonsumsi bawang putih dengan cara dijadikan sebagai bumbu masakan dan dimasak dengan matang.

Oatmeal

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi oatmeal, seperti menurunkan kadar gula dalam tubuh dan membantu mengelola berat badan. Ternyata oatmeal juga merupakan makanan yang mampu menyumbang energi lebih banyak. Dengan mengonsumsi oatmeal ternyata juga mampu meningkatkan produksi ASI ibu hamil.

Pepaya

Salah satu manfaat buah pepaya untuk ibu hamil tua adalah untuk melancarkan pencernaan agar Anda tidak terkena sembelit. Namun ternyata pepaya juga merupakan makanan pelancar ASI yang merangsang kelenjar susu untuk memproduksi ASI lebih banyak.  Mengapa demikian? Sebab dengan mengonsumsi pepaya, tubuh ibu hamil menjadi lebih santai.

Lemak Sehat

Ibu hamil yang banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat ternyata juga dapat membuat produksi ASI menjadi lebih lancar. Hal ini disebabkan karena lemak dapat merangsang tubuh untuk menyerap vitamin lebih banyak dari biasanya. Tentunya dengan banyak mengonsumsi makanan bervitamin maka produksi ASI juga akan lebih meningkat.

Biji Adas

Biji adas merupakan salah satu ramuan yang bisa Anda konsumsi guna meningkatkan produksi ASI pasca melahirkan. Namun ternyata biji yang satu ini juga dapat Anda konsumsi selama masa kehamilan juga lo. Anda bisa mengonsumsinya dengan dikombinasikan dengan sayuran lain seperti salad sayuran. Jadi tak ada salahnya mengonsumsi biji adas selama kehamilan.

Biji Wijen

Biji wijen merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan kalsium. Kalsium sendiri sangat efektif untuk membantu tubuh ibu hamil menjadi lebih kuat. Selian itu efeknya juga sangat penting untuk meningkatkan penyerapan vitamin dalam tubuh. Tentunya ketika nutrisi dalam tubuh terpenuhi dengan baik, tubuh akan lebih bayak memproduksi ASI.

Nah itulah beberapa makanan pelancar ASI yang bisa Anda konsumsi selama masa kehamilan. Dengan mengonsumsi makanan tersebut selama masa kehamilan tentunya dapat menambah produksi ASI menjadi lebih banyak. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi Anda selama masa menyusui.

shares