Langkah-langkah Belajar Bahasa Korea untuk Pemula

Bahasa Korea merupakan salah satu bahasa yang menarik sekaligus menantang untuk dipelajari. Hal ini karena bahasa Korea memiliki aksara sendiri, tidak memakai huruf latin seperti yang digunakan bahasa asing lain seperti …

Empat Jenis Ujian TOEFL yang Wajib Kamu Ketahui

Sudah tahu belum kalau ujian bahasa Inggris TOEFL memiliki empat jenis ujian yang masing-masingnya memiliki perbedaan tertentu? Kamu mungkin pernah mendengar TOEFL test online, dan ada juga yang menggunakan kertas seperti …

Solusi Melunasi Pinjaman untuk Modal Usaha Awal

Pinjaman untuk modal usaha awal sudah cair dan dimanfaatkan, tinggal melaksanakan kewajiban untuk membayarnya. Berikut solusi melunasi pinjaman supaya tidak terjadi gagal bayar yang berpotensi memasukkan nama kita ke daftar hitam …

Solusi Melunasi Pinjaman untuk Modal Usaha Awal
0 Comments

Pinjaman untuk modal usaha awal sudah cair dan dimanfaatkan, tinggal melaksanakan kewajiban untuk membayarnya. Berikut solusi melunasi pinjaman supaya tidak terjadi gagal bayar yang berpotensi memasukkan nama kita ke daftar hitam di BI Checking.

1. Meningkatkan volume penjualan

Agar dapat mengangsur pengembalian dana pinjaman tanpa ada keterlambatan atau tunggakan, kita harus memiliki arus kas yang positif. Usahakan pendapatan dari hasil berbisnis dalam keadaan stabil, artinya jumlah penjualannya baik. Akan lebih bagus lagi jika bisnis yang dijalankan mengalami peningkatan volume penjualan sehingga omzet yang didapat pun lebih besar.

Tingkatkan kualitas produk, buat materi promosi yang menarik, dan dorong penjualan menggunakan strategi digital marketing. Pemasaran secara digital akan sangat membantu dalam memperluas jangkauan target konsumen dengan efisien dan efektif. Lebih banyak khalayak yang tahu produk bisnis kita maka akan makin besar pula peluang untuk menaikkan volume penjualan.

2. Prioritaskan untuk membayar angsuran

Ketika memperoleh pendapatan dari bisnis, prioritaskan menyisihkan dana untuk membayar angsuran supaya utang kita bisa lebih cepat terlunasi. Begitu dana angsuran pinjaman online untuk modal usaha awal telah terkumpul, langsung bayarkan. Jangan menunda-nunda pembayaran, apalagi sampai menunggak. Hindari terkena denda keterlambatan atau harus membayar bunga pinjaman yang besar karena hanya akan membuat  pengeluaran kian membengkak.

Kita juga mesti menjaga riwayat kredit tetap bersih, agar tidak kesulitan bila di kemudian hari membutuhkan bantuan finansial dari institusi perbankan. Profil kredit kita turut menentukan tenor dan besar dana yang dipinjamkan.

3. Membayar lebih besar

Membayar angsuran dalam jumlah yang lebih besar setiap bulannya akan mempercepat pelunasan pinjaman untuk modal usaha awal. Kita bisa mengalokasikan dana 10 persen lebih banyak dari yang seharusnya dengan memotong pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu dan berhemat. Penyusunan anggaran akan memudahkan kita untuk mengetahui mana saja pengeluaran yang bisa dipotong.

4. Menggadaikan atau menjual aset berharga

Cara selanjutnya yang dapat membantu pelunasan utang adalah dengan menggadaikan atau menjual aset berharga. Tentunya hal tersebut dilakukan bila memang sudah berada di keadaan yang sangat terdesak. Hasil dari menggadaikan perhiasan, sertifikat tanah, BPKB mobil atau motor, cukup besar untuk dipakai melunasi utang.

5. Mencari sumber penghasilan baru

Solusi lain untuk melunasi pinjaman untuk modal usaha awal ialah dengan mendapatkan sumber penghasilan baru. Kita bisa mencari pekerjaan sampingan. Gali lagi bakat-bakat yang belum sempat tereksplorasi, siapa tahu kita bisa memperoleh pendapatan dari sana. Misalnya saja menjadi influencer, selebgram, beauty vlogger, food vlogger, penulis, dan lain sebagainya. Manfaatkan semaksimal mungkin seluruh kemampuan dan sumber daya yang kita miliki.

6. Menjual barang-barang yang tidak terpakai

Cek barang-barang di rumah, kumpulkan yang sudah jarang dipakai tetapi kondisinya masih sangat layak untuk dijual kembali. Jika sudah terkumpul semua, mulai foto satu persatu kemudian pasarkan melalui media sosial. Barang-barang yang tidak terpakai lebih baik dijual daripada hanya menumpuk dan membuat ruangan penuh sesak. Hasil penjualannya lumayan bisa menambah untuk membayar utang.

7. Memanfaatkan pinjaman bebas bunga

Cara terakhir yang bisa diupayakan untuk melunasi utang yaitu mengajukan pinjaman ke perusahaan tempat kita bekerja. Biasanya pihak manajemen kantor memiliki fasilitas pinjaman bebas bunga untuk karyawan yang tengah terbelit masalah keuangan. Negosiasikan untuk mendapat tenor lebih dari setahun, agar kita lebih leluasa dalam mengusahakan pengembalian dana.

Itu tadi beberapa cara melunasi pinjaman untuk modal usaha awal. Ke depannya mulailah disiplin menabung agar mempunyai simpanan dana bagi situasi darurat. Bila berniat mengajukan pinjaman lagi, perlu diingat bahwa besar jumlah semua cicilan tidak boleh melebihi 30 persen dari pendapatan tetap kita.