Tahukah Anda, Bahan Alami Ini Ampuh Sembuhkan Radang Tenggorokan
0 Comments

Saat mengalami radang tenggorokan, Anda harus segera mengobatinya sebelum makin parah. Radang yang berlangsung lama akan menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih parah. Untuk itu, gunakan obat alami ini sebagai solusi menyembuhkan radang di tenggorokan. Semua bahan alami ini juga mudah ditemukan dan dibuat. So, pilih saja bahan alami yang cocok menurut Anda.

  1. Air Garam

Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang sukses mengatasi beragam gangguan kesehatan. Salah satunya adalah sakit di tenggorokan akibat peradangan. Anda bisa menggunakan air garam untuk menyembuhkan radang di tenggorokan tersebut. Larutkanlah garam secukupnya ke dalam segelas air hangat, kemudian gunakanlah untuk berkumur.

Larutan garam ini berfungsi sebagai antioksidan dan antibakteri yang mampu membunuh semua bakteri jahat yang menyebabkan peradangan. Setelah beberapa waktu berkumur, buanglah air tersebut.

  1. Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan sangat berguna sebagai antioksidan agar peradangan di tenggorokan segera sembuh. Khasiat jeruk nipis ini juga mampu merangsang produksi air liur agar tetap stabil demi menjaga selaput lendir agar tetap lembab.

Cara pengobatannya adalah dengan memeras jeruk nipis. Berikutnya, campurkan air perasan tersebut dengan sedikit madu. Anda juga bisa menambahkan air hangat agar tidak terlalu kental. Setelah itu, minumlah ramuan alami ini untuk menyembuhkan radang.

  1. Jahe

Jahe adalah bahan alami yang terkenal khasiatnya untuk menyembuhkan radang di tenggorokan. Anda bisa membuatnya menjadi minuman hangat atau sekadar air perasan saja. Kedua racikan tersebut tetap berkhasiat menyembuhkan radang tenggorokan. Untuk membuat minumannya, Anda cukup mengonsumsi air rebusannya atau membuat minuman dengan bubuk jahe.

  1. Madu

Madu sangat menyehatkan tubuh dan bermanfaat sebagai zat penstabil sistem imun. Karenanya, madu kerap dikonsumsi langsung, dibuat minuman, ataupun dibuat ramuan alami dengan bahan alami lainnya. Saat sedang mengalami peradangan di tenggorokan, segera buatlah minuman madu atau membuat ramuannya dengan bahan lain, seperti kayu manis, jahe, atau jeruk nipis.

  1. Susu Kunyit

Pasti awalnya Anda merasa aneh dengan istilah susu kunyit. Jangan salah, minuman yang satu ini sangat bermanfaat mengobati radang di tenggorokan. Cara membuatnya dengan mencampur segelas susu hangat dengan sejumput bubuk kunyit. Di dalam kunyit, terdapat zat anti inflamasi, sehingga mampu mengurangi peradangan dan menyembuhkannya.

  1. Peppermint Tea

Minuman menyegarkan seperti peppermint tea juga sangat ampuh mengobati radang di tenggorokan. Rasa tehnya yang khas dengan sensasi mint dari peppermint mampu melegakan tenggorokan dan mengurangi rasa panas sekaligus nyeri yang dialami. Minuman ini dapat dikonsumsi pada kondisi panas, hangat, maupun dingin.

  1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dapat digunakan untuk mengobati peradangan di tenggorokan karena mampu melawan bakteri. Hal ini sudah dibuktikan dalam penelitian. Sifatnya yang asam dapat merangsang air liur di tenggorokan serta mampu menghentikan penyebaran bakteri. Anda bisa mencampurkan 1 atau 2 sdm cuka sari apel ke dalam secangkir air, kemudian gunakan untuk berkumur.

  1. Minyak Kelapa

Pemakaian minyak kelapa untuk berkumur setiap harinya bisa segera meredakan radang pada tenggorokan. Campurkanlah 2 sdm minyak kelapa ke dalam air 30 ml dan gunakan untuk berkumur. Jika belum pernah mencobanya, Anda bisa mencoba 1 sdt minyak kelapa agar mengetahui apakah ada efek sampingnya atau tidak.

Beragam bahan alami di atas sangat direkomendasikan untuk pengobatan alami radang tenggorokan. Setiap gejala yang dialami, mulai dari rasa nyeri dan gatal, suara serak, tenggorokan tersumbat, hingga batuk, semuanya bisa diatasi dengan mengonsumsi obat alami di atas. Lakukan pengobatan tersebut secara rutin dan berkelanjutan sampai sembuh. Jika berlanjut, hubungi dokter.

shares