Telinga Berdenging Sebelah Kiri? Atasi dengan Tips Ini!
0 Comments

Hampir setiap orang pasti mengalami telinga berdenging sebelah kiri. Ada yang berderingnya sebentar saja, tapi ada juga yang lebih buruk atau terjadi terus menerus. Telinga yang berdenging seperti itu dalam istilah kedokteran disebut sebagai tinnitus. Hanya saja, ada juga yang mengatakan kalau telinga yang berdenging, khususnya sebelah kiri seperti mendengar suara-suara yang bahkan bukan dari luar telinga.

Memang beberapa kasus di antaranya ada yang susah disembuhkan. Bahkan kalau berdengingnya sudah sangat parah, bisa saja menjadi permanen atau benar-benar tidak bisa diatasi sama sekali. Tapi, kalau kamu termasuk orang yang telinganya mulai merasa berdenging di sebelah kiri, tidak ada salahnya kamu melakukan beberapa tips di bawah ini untuk mengatasinya.

Menghindari Suara yang Keras

Ketika telinga menerima suara yang sangat keras, tentu bagian dalam telinga tidak bisa menahan suaranya terlalu lama. Akibatnya, telinga bisa menjadi tuli atau hilang pendengaran. Selain itu, suara yang sangat keras juga bisa membuat telinga akan terasa berdenging. Suara-suara keras yang bisa memicu telinga berdenging sebelah kiri yaitu suara tembakan, suara alat-alat berat, musik konser, kecelakaan mobil, dan sebagainya.

Agar kamu tidak merasakan tinnitus, lebih baik kamu hindari suara-suara yang keras. Kalau kamu menggunakan HP buat menelepon atau mendengarkan lagu, sebaiknya atur suaranya sebaik mungkin. Apalagi kamu yang sering memakai earphone atau headphone, jangan gunakan terlalu lama dengan volume yang keras.

Membersihkan Telinga Jangan Memakai Cutton Bud

Tidak jarang orang menggunakan cutton bud buat membersihkan telinga saat telinganya sedang berdenging. Padahal kalau kamu melakukannya, telinga bisa saja mengalami penyumbatan, infeksi, mau pun kerusakan pada telinga bagian dalam. Meski buat membersihkan kotoran telinga, kalau kamu memasukkanya terlalu dalam akan membuat kotorannya semakin masuk ke dalam.

Karena itu, kamu yang mau membersihkan telinga, datang saja ke dokter telinga buat membersihkan kotoran telingamu. Daripada kamu memakai cutton bud, nanti justru akan mengakibatkan telinga berdenging.

Jangan Terlalu Sering Mengkonsumsi Obat-obatan atau Alkohol

Kebanyakan anak-anak muda zaman sekarang yang mengkonsumsi alkohol. Padahal, kalau teralu sering mengkonsumsinya, tubuh menjadi tidak sehat. Bahkan belum banyak yang tahu kalau telinga berdenging sebelah kiri juga disebabkan karena terlalu banyak minum alkohol. Kamu yang sudah mulai merasakan gejala-gejala telinga berdenging, sebaiknya hindari konsumsi alkohol karena akan memperparah gejalanya.

Selain itu, kamu juga jangan terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan karena akan menimbulkan gejala telinga berdenging atau membuatnya semakin parah. Beberapa jenis obat yang memicu tinnitus adalah antidepresan, aspirin, diuretik, obat kanker, antibiotik, dan quinine.

Sudah tahu kan apa-apa saja yang perlu kamu hindari agar telinga berdenging sebelah kiri kamu tidak semakin bertambah parah? Buat kamu yang belum merasakan gejalanya, lebih baik hindari hal-hal yang membuat telinga kamu berdenging. Tentunya tidak akan nyaman kalau telinga sudah mulai berdenging.

shares